Wednesday 21 March 2018

Kondisi Urologi Pria Seiring dengan Bertambahnya Usia

Posted by Bundamedik Healthcare System | 11:07 Categories: ,
Pria dan wanita dapat memiliki masalah urologi yang sama, seperti masalah batu ginjal dan infeksi saluran kencing, tetapi beberapa masalah urologi tertentu hanya dialami oleh kaum pria.

Yang paling sering, tanpa diragukan lagi, adalah penyakit dan gangguan yang berhubungan dengan prostat. Sebagai bagian dari organ reproduksi pria, prostat adalah kelenjar yang berada di saluran kencing. Fungsi utamanya menghasilkan cairan sperma semasa ejakulasi.

Beberapa kondisi dapat mempengaruhi kelenjar prostat. Untuk pria berusia diatas 50 tahun, masalah prostat paling umum adalah pembengkakan prostat (Hiperplasia Prostat Jinak). Seiring dengan bertambahnya usia, kelenjar prostat membesar dan menekan saluran kencing. Karena air seni mengalir dari kantung kemih menuju saluran kemih, tekanan dari prostat yang membengkak dapat mempengaruhi kontrol kantung kemih. Namun kebocoran air seni, sering buang air kecil, atau sulit menahan keinginan buang air kecil tidak harus menjadi bagian dari penuaan dan dapat ditangani.

Penyakit lainnya yang mungkin terjadi pada kelenjar prostat adalah kanker prostat. Pada tahap dini, sulit membedakan kanker prostat dengan hiperplasia prostat karena keduanya menunjukkan gejala-gejala yang sama. Sebagaimana hiperplasia prostat, kanker prostat dapat ditangani jika terdeteksi pada tahap dini. Bahkan jika ditemukan sudah pada tahap yang lanjut, ada sejumlah pengobatan efektif yang dapat mengatasi kanker prostat.

Gangguan urologis lainnya pada pria yang terjadi seiring penuaan yaitu hipogonadisme, penurunan produksi testosteron. Ada keterkaitan antara hipogonadisme dengan gangguan metabolisme pada pria yang mengakibatkan penyakit kronis seperti diabetes dan obesitas. Selain itu, obesitas dan gangguan metabolisme juga berpengaruh terhadap patogenesis gangguan saluran kemih yang berhubungan dengan hiperplasia prostat.


















0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube