Wednesday 21 March 2018

Laparoskopi untuk Penderita Batu Empedu

Posted by Bundamedik Healthcare System | 11:10 Categories: ,
Penderita batu empedu, sebaiknya jangan menunda untuk menjalani operasi atau pembedahan. Sebab, operasi tersebut dapat mencegah terjadinya komplikasi batu empedu. Salah satu bedah yang merupakan terapi terbaik bagi penderita batu empedu adalah bedah minimal invasif melalui teknik laparaskopi.

Menurut dokter spesialis bedah digestif RSU Bunda dr Arief Setiawan SpB (K) BD mengatakan teknik laparaskopi adalah operasi yang paling umum dilakukan untuk menghilangkan kantung empedu simptomatik. Operasi hanya membutuhkan tiga luka sayatan kecil untuk memasukan perangkat operasi ke rongga perut pasien.

"Ketiga titik tersebut berada di pusar, dada tengah atau epigastrus, dan perut bagian kanan," ungkap dia di RSU Bunda Jakarta.

Menurut Arief, laparaskopi sangat aman dengan waktu penyembuhan cepat. Atau rata-rata hanya dua sampai tiga hari saja. Dengan demikian, pasien segera bisa kembali ke rutinitas normal mereka. Ia mengatakan pengangkatan kantung empedu adalah salah satu operasi yang paling umum dilakukan di Amerika Serikat dan Australia akhir-akhir ini.

"Mereka telah lama mengenal laparaskopi sejak tahun 1980-an. Sedangkan kita baru pada tahun 1990-an," jelasnya.




0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube