Wednesday 27 October 2021

"Bedah Robotic" Mulai Jadi Pilihan Pasien Bedah

Posted by Bundamedik Healthcare System | 07:02 Categories: ,

Sejak diperkenalkan awal 2012 oleh Rumah Sakit (RS) Bunda Jakarta, teknologi bedah robotic telah menjadi pilihan pasien dalam melakukan proses pembedahan. Bahkan RS Bunda Jakarta telah melewati pencapaian dari 300 kasus pertama bedah robotik yang ditangani oleh tim dokter ARMIS (Advanced Robotic and Minimally Invasive Surgery).  

Pencapaian ini tentunya merupakan prestasi yang sangat menggembirakan. Memang tugas kami, para tenaga kesehatan dan kedokteran untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan dan kedokteran yang memberi manfaat terbaik bagi pasien, Tindakan ini menggunakan luka sayatan yang sangat kecil, yang dihubungkan ke dokter bedah melalui serat fibreoptic ke surgeon consule (simulator). Alat-alat canggih ini tetap dioperasikan oleh dokter bedah dengan kontrol sepenuhnya, bukan oleh robot. Tindakan ini menurutnya lebih efektif, efisien dan menguntungkan bagi pasien, karena dapat mengurangi luka sayatan (kosmetik), meningkatkan ketepatan dan akurasi yang tinggi, sehingga memberikan hasil operasi yang optimal. 

"Di RS Bunda, saat ini bedah robotic baru fokus pada masalah kandungan, kanker rahim, bedah urologi dan bedah usus. Keberadaan teknologi ini, menurutnya juga bisa menjadi alternatif bagi pasien bedah yang ingin melakukan bedah robotic di luar negeri. Daripada ke luar negeri, mengapa tidak melakukannya di Indonesia saja. Kualitas tenaga kesehatan dan kedokteran serta fasilitas kita tidak kalah dari negara lain.


















0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube