Wednesday 29 September 2021

Robot memang bisa dimanfaatkan untuk apa saja, termasuk untuk proses operasi di dunia kedokteran. Operasi dengan memanfaatkan robot atau bedah robotik bisa mengurangi rasa sakit setelah masa operasi. "Operasi dengan bantuan robot mampu mengurangi rasa sakit pascaoperasi. Pemulihannya juga lebih cepat. Jika operasi biasa bisa seminggu, maka dengan robot bisa satu hari bisa pulang ke rumah . 

Dalam hal bedah robotik ini, teknologi tangan robot jadi kepanjangan tangan dokter bedah. Namun, alat-alat yang canggih itu tetap dioperasikan oleh si dokter ahli bedah, bukan oleh si robot. "Luka dari tindakan bedah robotik ini juga sangat kecil,". Bedah robotik ini bisa dilakukan untuk operasi prostat, kista endometriosis, mioma, angkat rahim, kanker rahim, dan pembedahan usus. 

Rumah Sakit Bunda adalah salah satu rumah sakit yang memanfaatkan teknologi robotik ini. Sejak diperkenalkan pada tahun 2012, ada kurang lebih 300 pasien yang sudah menjalani bedah robotik. Seorang pasien bedah robotik, Natasha, menyatakan bahwa dia tak takut lagi dengan kata operasi berkat bedah robotik. "Rasa nyeri tidak seperti bedah konvensional, pemulihannya juga cepat," kata Natasha yang menjalani bedah robotik untuk operasi kista endometriosisnya.





www.bunda.co.id
www.roboticsurgeryindonesia.com

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube